Mobile Menu

navigasi

More News

Mengenal Dasar-dasar Desain Kemasan Produk Makanan bagi Pemula!

July 20, 2021


Bagi pemula yang baru saja ingin atau baru melalui usaha di bidang kuliner, kamu harus memahami apa itu kemasan, karena pada dasarnya sebuah produk tentunya membutuhkan kemasan agar mampu memberikan keamanan produk dan tetap terjaga. Bagus atau tidaknya suatu kemasan bukan hanya bergantung dari fungsinya saja, melainkan dari sebuah desain yang dirancang dan dibuat secara tepat dan memiliki kualitas yang dapat bersaing di pasaran. 

Seperti misalnya, kita sering menemukan pembeli yang hanya membeli produk makanan di supermarket hanya karena kemasannya bagus, bukan? Fenomena lainnya seperti peluncuran menu baru Mcdonald’s x BTS yaitu BTS Meal. Menu tersebut hampir bisa dibilang menjual nama BTS (boyband K-Pop ternama) Menu BTS Meal ini berisi paket makanan berupa nugget ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas secara khusus dengan desain kemasan berwarna ungu ciri khas BTS dengan logo BTS kepada konsumen. Tetapi produk BTS Meal ini mampu terjual dengan cepat dan habis dalam hitungan jam saja. 

Keren banget, bukan? Jadi dapat dibuktikan bahwa suatu kemasan adalah aspek yang sangat penting dalam mengenalkan sebuah produk makanan. Di sini, kami akan membahas terkait dasar-dasar desain produk makanan yang perlu diketahui oleh pemula, berikut penjelasannya!

Desain kemasan itu apa, sih? 

Secara udah untuk dipahami, desain kemasan adalah barang yang digunakan untuk membungkus suatu produk guna memberikan perlindungan dan keamanan kualitas sebuah produk. Desain kemasan juga mengacu pada sebuah rancangan untuk di desain, mulai dari unsur pemilihan bahan dasar, grafik, warna, jenis font, hingga tata letak pada kemasan tersebut disertai dengan elemen-elemen grafis pendukung lainnya untuk menjadi satu kesatuan yang utuh sebagai logo.

Ada berbagai jenis-jenis pengemasan yang bisa ditemukan, mulai dari yang berbentuk kotak kecil, persegi panjang, bulat, oval, dan yang lainnya. Desain produk makanan bukan menjadi satu-satunya yang harus menarik, namun juga harus mampu memberikan gambaran atau menceritakan sebuah kisah terhadap pemilihan desain pada produk tersebut. Artinya desain produk makanan diharapkan bisa memberikan pengalaman kepada konsumen melalui visual dari desain produk tersebut secara keseluruhan. Dari pengalaman tersebut juga konsumen akan memahami kehadiran dan kegunaan produk, hingga ada alasan kenapa mereka harus membeli produk kamu. 

Lalu apa, sih fungsi desain kemasan?

Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa jenis-jenis pengemasan untuk melindungi produk tersebut. Namun lebih dari hanya itu, desain kemasan juga memiliki fungsi lainnya yang kemudian memengaruhi tampilan visual dan punya faktor yang keren.

1. Sebagai bentuk komunikasi, dalam hal ini desain kemasan produk makanan berfungsi untuk menyampaikan rincian produk dan konsumen dapat mengetahui produk apa yang sebenarnya ditawarkan oleh pemilik usaha.

2. Sebagai identitas produk, produk yang di pasarkan memiliki ciri khas, maka konsumen secara mudah akan mengenali produk kamu. Semakin simple dan unik desain produk tersebut, maka semakin dikenal oleh banyak orang.

3. Sebagai simbol estetika, ini terbukti ampuh karena hampir sebagian banyak konsumen memiliki ketertarikan pada sebuah produk hanya dari melihat kemasannya saja. 

4. Sebagai brand image, fungsi terakhir yang menjadi kunci utama sebuah produk agar mampu bertahan di antara competitor lainnya. 

Selain itu, desain kemasan produk makanan tentunya juga memiliki prinsip desain secara dasar yang perlu diketahui oleh pelaku usaha bisnis. 

Pertama, clarity and simplicity. Suatu kemasan produk yang baik adalah karena kemasan memiliki bentuk dan desain yang sederhana, namun tetap memiliki ciri khas yang mudah diingat oleh banyak orang. Dalam hal ini, desain kemasan produk makanan bisa dikatakan sederhana dari unsur warna, bentuk, atau tipografi. Kesederhanaan menjadi penting karena konsumen memiliki waktu 3-4 detik untuk terpikat atau memilih produk tersebut. 

Kedua, honesty. Hal ini berkaitan dengan identitas produk dengan kualitas produk yang ditawarkan. Sebagai pemilik usaha kamu harus memberikan kejujuran terhadap apa yang kamu tawarkan, apa yang kamu sampaikan melalaui produk tersebut, dan bagaimana kehadiran dan makna produk yang kamu buat agar tidak mengecewakan konsumen.

Ketiga, authenticity. Sifat orisinalitas menjadi salah satu hal yang paling utama dan ampuh untuk membentuk identitas sebuah produk.  Semakin orisinil produk yang kamu hadirkan dan kamu tawarkan, maka akan meningkatkan karakteristik produk tersebut. 

Keempat, self impact. Melalui sudut pandang pembeli, suatu produk tidak akan pernah terlihat sendirian, karena biasanya produk yang semakin luas jangkauannya, maka pesaingnya akan semakin bertambah. Dalam hal ini, kamu harus memikirkan strategi bagaimana produk kamu bisa menjadi produk satu-satunya yang memiliki impact kepada konsumen dalam membeli produk kamu. Artinya gunakan cara dan creative thinking untuk menjadi seorang pembeda dan mampu bersaing. 

Nah, gimana? sudah cukup paham, kan? 

Jadi sebenarnya mengenal dasar-dasar desain produk makanan itu penting, karena desain produk tidak serta merta hanya sebagai pemanis produk kamu saja, melainkan memiliki arti penting dan fungsi penting yang perlu diketahui, misalnya kemasan khusus bumbu kemasan.

Membuat desain produk makanan tentu tidak lepas dari persaingan dan kreativitas seseorang dalam memberikan pengenalan produk kepada konsumen agar mudah dikenal, diingat, hingga memberikan kepercayaan kualitas kepada konsumen sekaligus. Apalagi pelaku usaha saat ini semakin berlomba-lomba menawarkan produk mereka kepada konsumen untuk meningkatkan nilai jual terbaik dari pesaing-pesaingnya melalui desain kemasan yang menarik.

Kamu tidak perlu khawatir, karena kami memiliki solusi untuk peluang usaha kamu untuk berkembang lebih luas di mata masyarakat. Kamu bisa dapatkan itu semua dengan membuat desain produk makanan dan pesan kemasan di Supernova Digipack. Solusi utama yang telah digunakan dan dipercaya oleh ribuan pelanggan. 

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi https://www.supernovadigipack.com/ untuk informasi lebih lengkap termasuk pemesanan, ya!


Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Post a Comment